Holla sobat fellas, kali ini mumpung hari minggu aku mau menulis artikel mengenai AI untuk SEO. Eits tapi sebelum itu gimana nihh hari-hari kamu seminggu yang lalu? semoga semua dalam hasil yang terbaik ya. Oke, di era digital kini, Search Engine Optimization (SEO) menjadi sangat penting untuk meningkatkan visabilitas konten atau bisnis kamu. Misalnya kamu ingin menempatkan bisnis lokal seperti “sepatu termurah di jogja” atau “rekomendasi hotel bintang 4 di jakarta”. Nahh inilah pentingnya SEO untuk bisnis kita. Memudahkan volume pencarian bisnis atau konten kita supaya bisa dilirik oleh banyak orang. Untuk mengoptimalkan hal itu kita bisa menggunakan AI untuk mengoptimalkan konten untuk mesin pencari.
Let’s go kita membahas prompt apa saja sih yang digunakan dalam SEO. Jangan lama-lama scroll ke bawah.
1. Prompt Riset Kata Kunci
Dalam SEO riset kata kunci udah kaya makanan sehari-hari. Riset kata kunci ini penting banget sebelum kamu memutuskan dalam membuat konten strategi. Akan tetapi, walaupun ada tools pembantu seperti Ahref atau semrush, kita bisa menggunakan AI untuk membantu dalam riset kata kunci. Lebih enaknya lagi adalah kita bisa menggunakan secara gratisan.
Dengan memasukkan topik spesifik seperti “digital marketing” atau “resep cilok enak” atau “hotel murah di jogja” dll, kamu bisa menghasilkan daftar kata kunci yang dapat kamu targetkan.
berikut adalah prompt yang bisa kamu gunakan dalam menemukan kata kunci yang tepat.
- Jangan lupa untuk kenalan dulu dengan AI misalnya hallo, atau selamat pagi, atau woyy juga bisa
 - Langsung saja masukkan prompt berikut “Berikan saya 30 topik yang relevan dan unik di bawah kategori [masukkan topik kamu]. Tampilkan dalam tabel dengan 5 kolom.” Ini buat dapetin ide topik yang luas.
 - Dari 30 kata kunci tadi, pilih 5 yang paling penting untuk fokus utama, dan jelasin kenapa.” Ini buat prioritasin kata kunci.
 - Posisikan kamu sebagai Ahli SEO, saranin kata kunci dengan volume tinggi tapi tingkat kesulitan rendah untuk [topik yang diminati].” Ini buat nemuin peluang yang bagus.
 - buat daftar topik umum yang relevan dengan [topik kamu], terus perluas tiap topik dengan frasa yang mungkin dicari pelanggan.” Ini buat ngertiin apa yang dicari orang.
 
Cobalah untuk menggali secara mendalam dan bisa mendapatkan ide sesuai yang kamu inginkan. Ai bisa jadi asisten kamu dalam riset dan bereksplorasi secara cepat dan potensial untuk konten kamu. Tapi kamu juga jangan telan mentah-mentah ya tetap kamu harus mengintegrasikan ke strategi SEO kamu.
bisa juga contoh lainnya seperti ini.
Berikan daftar 10 kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan tingkat kompetisi rendah untuk topik [masukkan topik/niche], lengkap dengan data volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan, dan saran long-tail keywords terkait.
2. Prompt untuk Alur Konten
Setelah kamu punya keyword yang bagus, saatnya kamu bikin alur konten yang bagus dan runtut sesuai apa yang kamu mau. Hal ini penting banget untuk membangun artikel kamu supaya tidak kemana-mana. Dengan kerangka dan alur yang jelas kamu bisa pastiin semuanya jelas dan runtut.
Berikut beberapa prompt yang bisa kamu coba. misalnya keyword yang ingin kamu optimalkan adalah “mie ayam jogja” kamu bisa meminta AI untuk membuatkan variasi judul yang menarik tanpa menghilangkan kata “mie ayam jogja” terus setelah itu kamu masukkan prompt berikut.
Posisikan kamu sebagai content writer SEO tolong buatkan saya alur kerangka artikel untuk blog, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terkesan robot, buatkan alur kerangka artikelnya, dst.
3. Prompt Teknis SEO
Nahh untuk bagian teknis memang cukup rumit dan dibutuhkan jam terbang dan belajar dari ahlinya. Akan tetapi dengan bantuan AI kamu bisa mengatasi dan membantu kamu dalam teknis SEO. Fokusnya adalah bagaimana memastikan website kamu mudah diakses oleh mesin pencari.
Berikut beberapa contoh bagaimana Anda bisa memanfaatkan ChatGPT untuk meningkatkan SEO teknis:
- Membuat Tag Hreflang: Jika website Anda memiliki versi dalam berbagai bahasa, ChatGPT dapat membantu Anda membuat tag 
hreflangyang benar. Ini penting agar Google tahu versi bahasa mana yang harus ditampilkan kepada pengguna yang berbeda. - Menganalisis Kecepatan Website: Anda bisa meminta ChatGPT untuk memberikan saran tentang cara meningkatkan kecepatan website Anda. Cukup berikan data kecepatan website Anda, dan ChatGPT akan memberikan rekomendasi optimasi.
 - Memeriksa File Robots.txt: File 
robots.txtmengontrol bagian mana dari website Anda yang boleh di-crawl oleh mesin pencari. ChatGPT dapat membantu Anda memeriksa apakah file ini sudah benar dan tidak menghalangi crawler untuk mengakses konten penting. 
4. Prompt untuk Analisis Kompetitor
Tak heran jika dalam bisnis pasti banyak pesaing dan kompetitor. Apalagi kamu yang baru merintis bisnis pasti akan menyontoh beberapa bisnis yang sudah mulai dulu berdiri. Tak masalah dengan bantuan AI kamu bisa mengidentifikasi teknis, keyword dan strategi bisnisnya seperti apa.
Dengan prompt yang tepat, ChatGPT bisa memberikan kita gambaran lengkap tentang strategi kompetitor, mulai dari kata kunci yang mereka target, konten yang mereka buat, sampai backlink yang mereka dapat. Ini bisa jadi senjata ampuh buat strategi konten kita.
Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan. seperti identifikasi kata kunci, analisis konten, cari tahu sumber backlink, contoh konten yang fyp, dll
5. Prompt untuk konten Visual
Kamu bisa baca di artikelku yang ini Belajar ChatGPT, Mengenal Prompt AI Bantu Kamu Lebih Produktif, nah di situ aku sudah menyontohkan prompt untuk konten visual. Ai bisa mengatasimasalah ini dengan cukup mudah bahkan hasilnya yang realistis. Kamu bisa meminta AI untuk membangun ide untuk konten visualmu.
Misalnya, kamu bisa minta ChatGPT untuk:
- Membuat ide infografis yang menarik.
 - Menyarankan tema untuk video pendek yang viral.
 - Menulis script untuk animasi penjelasan produk.
 
Di bawah ini adalah contoh artikel SEO yang lengkap dan bisa kamu tiru dengan judul berikut.
Cara Menyusun Artikel SEO Supaya Berada di Top 1 Pencarian Google
Artikel SEO adalah jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google. Artikel SEO ditulis dengan
menggunakan kata kunci yang sesuai dengan tema website dan ditujukan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Artikel ini harus mengandung
informasi yang bermanfaat dan relevan bagi pembaca, serta ditulis dengan baik dan mudah dipahami. Artikel SEO juga harus dioptimalkan dengan menggunakan teknik
SEO, seperti penggunaan tag, meta deskripsi dan internal linking yang tepat.
Nah pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis artikel SEO supaya website Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari. Anda juga bisa melihat contoh tulisan artikel SEO Friendly. Penasaran kan? Yuk, simak lebih lanjut.
Cara menyusun Artikel SEO Friendly 2023
Sejak google menerapkan algoritma semantic, posisi konten menjadi dominan dan penting dalam halaman website. Terdapat kaidah-kaidah khusus dalam penyususnan
konten. Terutama pada halaman home, dibutuhkan effort lebih dalam menyusun dan optimasi bahasa supaya sesuai dengan kaidah SEO. Inilah cara menyusun artikel
SEO supaya dapat posisi tinggi google, yaitu:
- Pilih judul yang menarik dan mengandung kata kunci yang relevan.
 - Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, subjudul, dan teks dalam artikel.
Namun, jangan memaksakan kata kunci terlalu banyak karena ini dapat
mengurangi kualitas artikel dan merugikan SEO. - Buat paragraf yang mudah dibaca dan dilengkapi dengan subjudul yang
membantu membuat struktur artikel yang baik. - Perhatikan bagian pembuka artikel Anda, gunakan rumus AIDA yang bisa
menarik para pembaca - Buat tautan internal ke artikel lain di situs Anda yang relevan dan berkualitas.
 - Tambahkan gambar atau video yang menarik dan sesuai dengan tema artikel.
 - Buatlah artikel dengan panjang optimal 700-1000 kata.
 - Gunakan meta deskripsi yang menggambarkan isi artikel dan mengandung
kata kunci yang relevan. - Optimalkan artikel untuk perangkat mobile, pastikan artikel dapat diakses
dengan baik di perangkat mobile.
10.Buat artikel yang unik dan berkualitas, jangan menyalin dari sumber lain,
Google akan menganggap itu sebagai plagiarisme 
Ingat, membuat artikel yang SEO friendly tidak hanya mengoptimalkan kata kunci, tapi juga harus menjaga kualitas dan relevansi artikel tersebut. Wah ternyata banyak juga
yah, tapi tenang mari kita bedah satu persatu.
Gunakan Kata Kunci Yang Relevan.
Langkah pertama yang Anda harus perhatikan dalam menyusun artikel SEO adalah penggunaan kata kunci yang relevan. Anda harus meracik sedemikian rupa agar konten Anda sesuai niche dan penggunaan kata kunci yang sesuai.
Letakkan kata kunci dalam judul artikel. Ini adalah bagian penting dari artikel yang harus dioptimalkan karena judul artikel yang mengandung kata kunci yang relevan akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Identifikasi kata kunci yang relevan dengan topik artikel Anda. Untuk memudahkan menemukan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset. Anda dapat menggunakan alat seperti Ubbersugest, Google Keyword Planner atau SEMrush untuk mencari kata kunci yang berkaitan dengan topik artikel Anda. Gunakan kata kunci dengan persaingan yang kecil di Google. Ini akan memudahkan Anda dalam mendongkrak ranking website Anda di google.
Contohnya seperti dibawah ini, kami melakukan riset keyword “membuat blog” pada tools Ubbersugest.
Hasilnya menunjukkan bahwa kata kunci “membuat blog” volume pencarian adalah 2,900 per bulan. Hal ini bisa Anda coba dalam sebuah artikel Anda. Angkanya cukup bagus dan tingkat persaingannya juga masuk dalam rata-rata. Sehingga Anda bisa menggunakan kata kunci ini dalam artikel yang Anda buat.
Ingat, mengoptimalkan kata kunci tidak hanya mengenai mencari kata kunci yang populer, tapi juga mencari kata kunci yang relevan dengan artikel dan audiens yang dituju.
1. Buat Judul Yang Menarik Menggunakan Keyword
Dalam menyusun artikel SEO, penggunaan judul merupakan faktor penting supaya pengunjung dan pembaca website tertarik. Judul artikel harus mencantumkan keyword yang dibidik. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul.
Pastikan kata kunci yang Anda pilih adalah yang paling relevan dengan topik artikel Anda dan dapat digunakan oleh pembaca untuk menemukan artikel Anda di mesin pencari. Gunakan format judul yang menarik seperti list, pertanyaan, atau pernyataan yang provokatif.
Jangan terlalu panjang, cukup pakai 6-8 kata. Pastikan judul artikel yang Anda buat unik dan tidak sama dengan judul artikel lain.
2. Perhatikan Struktur Artikel
Struktur dalam sebuah artikel juga perlu Anda perhatikan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membangun dan menyusun artikel. Selain dari penulis, struktur artikel yang tersusun dengan baik juga akan memudahkan pembaca. Secara umum, struktur artikel terbagi menjadi 3 bagian:
- Pembukaan( bagian awal artikel yang bersisi latar belakang dan gambaran umum)
 - Isi (penjelasan topik utama)
 - Penutup (berisi kesimpulan serta pesan dalam sebuah artikel)
 
Struktur artikel yang baik akan membuat artikel lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca, serta membantu dalam optimisasi SEO.
3. Perhatikan Bagian Pembuka
Langkah membuat artikel SEO yang friendly selanjutnya yaitu memperhatikan bagian pembuka. Anda harus memahami apa yang diinginkan pembaca dan memuat kata kunci. Bagian ini menjadi penting. Mengapa demikian?
Jika pada bagian awal saja sudah membosankan dan tidak menjawab pertanyaandan perhatian pengunjung maka dipastikan pengunjung akan meninggalkan artikel Anda. Penempatan kata kunci di bagian pembuka dapat membantu artikel Anda direkomendasikan oleh mesin pencari google.
Buat pembuka yang singkat dan jelas. Pembuka yang terlalu panjang akan membuat pembaca bosan dan cenderung untuk meninggalkan artikel Anda. Buat pembuka yang responsive dan unik dan tidak sama dengan pembuka artikel lain.
Untuk membantu Anda dalam membuat bagian pembuka artikel SEO yang menrik pembaca, Anda bisa menggunakan rumus AIDA yang bisa Anda gunakan.
- Attention: Bagaimana Anda menarik perhatian mereka.
 - Interest: Bagaimana Anda menciptakan minat mereka agar mereka mau membaca lebih lanjut.
 - Desire: Bagaimana Anda bisa membangkitkanhasrat mereka.
 - Action: Call to action/apa yang Anda ingin mereka lakukan. Contoh penerapan rumus AIDA bisa dilihat dalam artikel berikut:
 

4. Buat Internal Link
Link building yang masih relevan adalah internal link. Internal link adalah tautan yang mengarah dari satu halaman ke halaman lain dalam situs yang sama. Tautan internal digunakan untuk menghubungkan halaman-halaman di dalam situs Anda, membuat navigasi lebih mudah dan membantu mesin pencari untuk mengetahui topik dari situs Anda dan menempatkan situs Anda di hasil pencarian yang sesuai.
Tautan internal juga berguna untuk meningkatkan engagement pengunjung dengan mengarahkan mereka ke halaman lain yang relevan di situs Anda, membuat pengalaman pengunjung lebih baik dan meningkatkan tingkat dukungan.
Selaian link building internal, Anda juga bisa menyisipkan eksternal link. Eksternal link adalah tautan yang mengarah dari satu halaman web ke halaman web lain di luar situs yang sama. Walaupun sekarang sudah signifikan. Akan tetapi cara ini bisa Anda coba. Hal ini tetap dibutuhkan untuk memperkuat dan meyakinkan pembaca. Misalnya link yang merujuk pada data penelitian, sumber rujukan, maupun website lain.
Namun ingat jangan terlalu banyak menambahkan tautan eksternal karena dapat membuat pengunjung Anda cepat meninggalkan situs Anda.
5. Sertakan Gambar Dan Beri Label Alt Yang Sesuai.
Gambar dan konten visual seperti ilustrasi, infografis, meme, data statistik menjadi salah satu penunjang artikel SEO friendly loh? Mengapa demikian?
Hal ini berkaitan dengan cara tangkap otak manusia yang lebih cepat tanggap terhadap konten visual. Misalnya saja seseorang yang membaca sebuah artikel bila dibandingkan dengan infografis maka seseorang lebih mudah memahami konten infografis. Selainitu, kombinasi warna gambar dan desain website yang sesuai dapat meningkatkanmood pembaca.
Anda bisa mendapatkan konten visual dari website seperti Pexels, Pixabay dan Unsplash. Anda juga bisa mendesain atau mencari template gambar yang sudah ada melalui Canva. Melalui Canva Anda bisa membuat dan mengcostum sesuai gambar yang Anda inginkan.

Sumber gambar: dewaweb.com
Untuk menyertakan gambar dan memberikan label alt yang sesuai pada artikel Anda, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
- Pilih gambar yang menarik dan sesuai dengan tema artikel. Ini akan meningkatkan tampilan artikel dan membuat pembaca lebih terlibat.
 - Gunakan label alt yang sesuai dengan gambar. Label alt adalah teks alternatif yang akan ditampilkan jika gambar tidak dapat ditampilkan. Ini akan membantu mesin pencari untuk mengetahui topik artikel Anda dan menempatkan artikel Anda di hasil pencarian yang sesuai.
 - Tulis label alt yang deskriptif, jangan hanya menulis “gambar” atau “foto”.
 - Letakkan kata kunci yang relevan dalam label alt. Ini akan membantu mesin pencari untuk mengetahui topik artikel Anda dan menempatkan artikel Anda di hasil pencarian yang sesuai.
 - Pastikan gambar yang digunakan memiliki ukuran yang sesuai, jangan terlalu besar atau terlalu kecil, ini akan membuat loading situs Anda lebih lama.
 
6. Panjang Artikel Yang Optimal
Panjang artikel minimalnya adalah 500 kata, idealnya adalah 700 kata. Jika ingin lebih bagus dan optimal paling bagus adalah di atas 1000 kata. Ada alasan dibalik mengapa harus optimal di angka 700-1000 kata.
- Pertama, artikel yang panjang biasanya informasinya lebih lengkap sehingga pembaca menangkap poin dan isi yang disampaikan penulis.
 - Kedua, artikel yang panjang akan menghasilkan SEO yang friendly. Hal ini biasanya dalam artikel SEO disisipkan dengan gambar, heading, link yang ditambahkan dengan kata kunci. Sehingga menunjang artikel SEO yang lebih baik.
 
Jika hal ini diterapkan dalam artikel Anda maka artikel tersebut akan mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menduduki peringkat atas.
Penutup
Itulah lima prompt AI sekaligus contoh artikel SEO yang bisa kamu gunakan dalam bisnis kamu. Semoga cara di atas mampu menjawab pertanyaan dan bagi kamu yang mau memulai bisnis dan website artikel SEO. Jika kamu ada pertanyaan, kritik, saran, Jangan ragu! Jangan sungkan. Tulis komentar Anda di bawah! see you next time bye bye!
			
		    
                                
                                












